Selamat
membaca
1 .Pengertian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data
menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk
menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika,
dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada
mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif
berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk
banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Secara luas, Komputer
dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari
beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan
yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang
ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard,
Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan
tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor
belum dalam bentuk print out (kertas). Dalam definisi seperti itu terdapat alat
seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya,
sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik
yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang
memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi." Saat ini,
komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil,
secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5
generasi dalam sejarah computer
1.Sejarah Komputer dan
Perkembanngannya - Cikal Bakal Komputer
Pernahkah Anda mendengar nama Charles Babbage? (1791-1871)
Dia adalah seorang ahli
matematika Inggris yang dikenal sebagai ”Bapak Komputer”.
Profesor
Babage merupakan orang pertama yang memperkenalkan prinsip-prinsip awal dari
komputer digital yang bisa diprogram. Bisa dikatakan bahwa dia lah tokoh dibalik
cerita sejarah komputer dan perkembangannya. Cerita sejarah komputer dan
perkembangannya pun dimulai. Pada awalnya, Babbage membuat sebuah mesin
penyimpan program yang mampu melakukan penghitungan serta mencetak hasilnya
secara otomatis. Mesin yang digerakkan oleh tenaga uap ini disebut difference
engine atau mesin diferensial. Beberapa tahun kemudian, Babbage berhasil
merancang mesin yang lebih canggih yang disebut mesin Analitik. Inilah
rancangan komputer general-purpose pertama di dunia. Mesin ini memiliki sekitar
50.000 komponen. Adapun desain dasarnya menggunakan kartu-kartu berlubang
(perforasi) yang berisi instruksi-instruksi operasional. Mesin inilah yang
mengawali cerita sejarah komputer dan perkembangannya. Berawal dari penemuan
mesin yang digunakan hanya untuk menghitung, sejarah komputer dan
perkembangannya pun terus berkembang. Penemuan Babbage telah menginspirasi
beberapa ilmuawan lain, salah satunya adalah Herman Hollerith. Herman
Hollerith (1860-1929) terinspirasi untuk
mengembangkan peralatan sejenis. Pada 1889, ia menerapkan
prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan pada mesin analitik yang
dibuatnya. Selain efektif dan cepat dalam melakukan perhitungan, kartu
perforasi ini dapat digunakan sebagai media penyimpanan data.
2.Sejarah Komputer dan Perkembangannya
- Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
Cerita mengenai sejarah komputer dan perkembangannya
terus berlanjut. Kali ini komputer modern generasi pertama mulai dikembangkan
pada masa berlangsungnya Perang Dunia ke-2 (1939-45). Komputer ini dirancang
dengan menggunakan tabung vakum (tabung hampa udara) yang biasa digunakan untuk
menguatkan sinyal listrik. Tampilan fisik komputer generasi pertama ini sangat
besar, ukurannya bisa sebesar rumah dan harganya bisa semahal kapal perang.
Sebuah benda yang memiliki dan menjadi tokoh utama dalam perjalanan cerita
sejarah komputer dan perkembangannya. Walaupun demikian, sistem komputansi yang
dijalankannya tidak secepat dan seefektif komputer yang ada sekarang. Komputer
dengan mainframe yang lebih kuat mulai dikembangkan pada 1950-an dan 1960-an.
Akan tetapi, penggunaannya masih membutuhkan ruangan besar dan energi listrik
yang besar.
3.Sejarah Komputer dan Perkembangannya
- Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
Pada era ini, sejarah komputer dan perkembangannya
mulai menemukan titik terang. Penemuan transistor
—
komponen elektronik yang berfungsi sebagai penguat,
pemotong, dan pembagi arus listrik
—
pada 1948, telah membawa perubahan drastis pada
perkembangan teknologi komputer. Ukuran transistor yang relatif kecil, yaitu
hanya sebesar biji kacang, telah menjadikan perangkat elektronik yang
menggunakannya menjadi lebih kecil pula. Itulah mengapa, komputer generasi
kedua lebih kecil, lebih cepat, dan lebih hemat energi. Stretch dan IBM 1401
adalah contoh komputer generasi kedua yang telah menggunakan transistor.
4.Sejarah Komputer dan Perkembangannya
- Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
Perjalanan cerita sejarah komputer dan perkembangannya
terus berlanjut. Kali ini penemuan berlanjut pada tahun 1958. Jack Kilby,
berhasil mengatasi kelemahan sistem transistor dengan mengembangkan sirkuit
terpadu (integrated circuit
–
IC). Sirkuit terpadu ini mampu mengombinasikan tiga
komponen elektronik dalam sebuah kepingan silikon kecil yang terbuat dari
kuarsa. Penggunaan IC kemudian menjadi landasan bagi digunakannya sistem
operasi (operating system).
kapasitas memori lebih besar, lebih hemat listrik, dan
harganya lebih murah dibandingkan komputer generasi kedua. Sejarah komputer dan
perkembangannya serasa berjalan begitu cepat di tahun ini.
5.Sejarah Komputer dan Perkembangannya
- Komputer Generasi Keempat (1970-
sekarang)
Komputer generasi keempat ukurannya menjadi semakin
kecil. Hal ini disebabkan karena seluruh komponen komputer bisa diletakkan
dalam sebuah chip yang sangat kecil. Pada era ini, penggunaan komputer semakin
marak. Bagaimanapun keadaannya, cerita mengenai sejarah komputer dan
perkembangannya ikut serta dalam perjalanan komputer hingga sekarang ini. Pada
awal tahun 1970-an, terjadi dua peristiwa penting bagi pengembangan sistem
komputansi, yaitu penggunaan LSI (Large Scale Integration) berupa pemadatan
beribu-ribu sirkuit terpadu (IC) menjadi satu chip. LSI kemudian dikembangkan
lagi menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) sehingga ratusan ribu IC dapat
dipadatkan dalam satu chip. Setelah itu, digunakan Ultra-Large Scale
Integration (ULSI) yang mampu menggandakan jumlah sirkuit menjadi jutaan.
Sebagai contoh, Chip Intel 4004 buatan tahun 1971 mampu memuat seluruh komponen
dari sebuah komputer (CPU, memori, dan kendali input/output). Rangkaian
penemuan yang ikut meramaikan cerita sejarah komputer dan perkembangannya ini
telah mampu meningkatkan daya kerja, efisiensi, kehandalan, sekaligus
menjadikan ukuran komputer semakin kecil. Kita pun bisa mengenal PC (personal
Komputer), laptop, PDA, dan sejenisnya. Komputer generasi ini diprediksi mampu
menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer, termasuk
melakukan percakapan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar
dari pengalamannya sendiri. Sejarah komputer dan perkembangannya merupakan
cerita sejarah yang panjang dari penemuan sebuah media besar. Sebuah benda yang
sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas
komponen komponen komputer
1. CPU (Central Processing Unit)
CPU adalah pusat pengendali dan pemerosesan pada sebuah komputer yang
mengatur semua instruksi program dan semua aktivitas yang dilakukan
dalam komputer, sehingga CPU biasa disebut sebagai otak dari komputer.
2. Motherboard (Mainboard)
Mainboard adalah papan sirkuit utama yang berguna sebagai tempat
macam-macam komponen elektronik yang saling terhubung yang memiliki chip
bios, port, slot dan jalur konektor sebagai penghubung dari
masing-masing perangkat.
Monitor adalah sebuah perangkat keluaran yang digunakan untuk
mengeluarkan hasil pemerosesan yang dilakukan oleh komputer berupa
informasi yang dibutuhkan oleh orang yang memakai komputer.
4. Keyboard
Keyboard adalah sebuah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan
data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan
perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard
disebut juga sebagai papan ketik pada komputer.
5. Mouse
Mouse adalah sebuah perangkat masukan yang berguna sebagai penunjuk posisi kursor/pointer pada layar monitor.
6. RAM (Random Access Memory)
Ram (Random Access Memory) adalah Tempat dimana kita menemukan
instruksi-instruksi yang hendak dikerjakan dan sebagai media penyimpanan
sementara.
7. Harddisk
Harddisk adalah Perangkat keras yang terbuat dari bahan kaku yang
berlapisi piringan magnetik oksida yang mempunyai kapasitas penyimpanan
yang sangat besar.
8. Processor
Processor adalah perangkat keras yang berguna untuk melakukan pembacaan,
pengertian dan melaksanakan perintah dari pelaksanaan program.
9. Power Supply
Power Supply adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk memberikan tenaga dan energi arus listrik pada komputer.
10. LAN Card (Local Area Network)
LAN (Local Area Network) adalah jembatan penghubung antara komputer server dan komputer client dalam jaringan LAN.
11. AGP Card (Accelerated Graphics Port)
AGP Card (Accelerated Graphics Port) adalah perangkat keras yang
berfungsi untuk memaksimalkan layar resolusi gambar pada komputer.
12. VGA Card (Video Graphics Accelerator)
VGA Card (Video Graphics Accelerator) Adalah perangkat keras yang berfungsi untuk merubah sinyal digital menjadi sinyal gambar.
13. FDD (Floppy Disk Drive)
FDD (Floopy Disk Drive) adalah perangkat keras yang digunakan untuk
memutar piringan dan menggerakan head baca tulis yang selanjutnya
diterjemahkan ke dalam disket.
14. Printer
Printer adalah perangkat keluaran yang digunakan untuk mencetak data seperti gambar/foto, tulisan pada media kertas.
15. CD ROM / DVD ROM
CD ROM / DVD ROM adalah perangkat yang berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpanan data CD atau DVD.
16. Scanner
Scanner adalah alat input yang mempunyai fungsi hampir mirip dengan
mesin fotocopy. Dengan proses penggunaannya mengcopy data objek lalu
dipindahkan kedalam memory komputer yang hasilnya dapat dilihat pada
layar monitor.
17. Modem
Modem adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.
18. Flashdisk
Flashdisk adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data dengan
ukuran kapasitas ternetntu. Ada yang 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, sampai 32GB
kapasitas penyimpanan.
19. Speaker
Speaker adalah perangkat keras keluaran(Output) yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemerosesan berupa suara dari komputer.
CD (Compact Disk) adalah perangkat yang digunakan sebagai media
penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik yang terbuat
dari bahan plastik.
21. Network CardNetwork Card adalah perangkat keras yang digunakan sebagai jembatan penghubung antara komputer server dengan komputer client.
22. Tv Tuner Card
Tv Tuner Card adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyiarkan tv pada komputer.
UPS adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memberikan suplai/menghantarkan listrik ketika tegangan listrik utama terhenti atau tidak berfungsi, dengan kata lain UPS bisa dikatakan sebagai cadangan listrik ketika tegangan listrik utamanya padam.
24. Sound Card
Sound Card adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media pengolah data berupa audio atau suara yang menghubungkan antara perangkat penghubung masukan berupa suara (seperti microphone) ke dalam komputer.
35. Heatsink (Kipas Pendingin)
Heatsink adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk membantu
proses pendinginan pada processor agar komputer lebih stabil.
Kabel data adalah perangkat keras tambahan pada komputer yang digunakan untuk mengirimkan atau menerima data dari komputer ke handphone.
26. Card Reader
Card Reader adalah perangkat tambahan komputer yang berfungsi untuk membaca kartu memori handphone dan kartu memori lainnya seperti SD Card, Mini-SD, RS Card, MSD(Memory Stick Duo) Card dan lainnya.
Cara merakit komputer
INSTALASI PC
Keamanan
keselamatan Kerja (K3)
Sebelum
merakit sebuah PC ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, diantaranya
adalah :
1.
Hindari merakit dalam keadaan berkeringat, karena kemungkinan keringat akan
menetes keperalatan yang sedang kita rakit tanpa kita ketahui, lalu saat kita
menyalakan power supply maka terjadilah hubungan arus pendek dan dapat merusak hasil
rakitannya.
2. Hindari memegang atau menyentuh langsung kaki prossesor yang ada termasuk chipset. Karena dikhawatirkan adanya listrik statis yang dimiliki tubuh kita akan merusak komponen tersebut. Untuk mencegah hal ini kita harus meng-ground-kan tubuh kita dengan cara memegang casing saat power dihidupkan atau dengan memakai gelang anti statis tanpa harus pegang casing.
3.
Pada setiap tahap perakitan sebelum menambahkan komponen yang baru, power
supply harus dimatikan. Memasang komponen pada saat power supply hidup akan
merusak komponen yang akan di pasang dan komponen lainnya.
4.
Jangan lupa menyiapkan peralatan dan bahan-bahan sebelum memulai perakitan,
agar seluruh kegiatan perakitan tidak terhambat pada kemungkinan kurangnya
peralatan yang ada.
5.
Hindari pemasangan komponen harddisk dengan kasar, karena dapat merusak
harddisk tersebut.
Alat dan Bahan
Alat :
1.
Obeng Plus (+)
2.
Obeng Minus (-)
3.
Tang Lancip (Capit Buaya)
4.
Multimeter/Multitester
5.
Pinset
6.
Gelang Anti Static
Bahan :
1. Motherboard
Motherboard
adalah papan induk atau papan rangkaian utama pada komputer, yang berisi
rangkaian elektronik yang berfungsi sebagai pusat pengolahan.
2.
Processor
Processor
adalah komponen komputer yang paling utama karena sangat menentukan baik
buruknya kinerja komputer (otaknya komputer). Berfungsi sebagai pengolah data
didalam sistem komputer.
Jenis processor yang sering dipakai dalam merakit pc/komputer sendiri yang baik dan benar untuk game maupun biasa ada 2 yaitu Intel dengan tipe pentium III, pentium 4, dual core, quad core, core i3, core i5, core i7 dan AMD dengan tipe sempron, athlon, sampai phenom.
Jenis processor yang sering dipakai dalam merakit pc/komputer sendiri yang baik dan benar untuk game maupun biasa ada 2 yaitu Intel dengan tipe pentium III, pentium 4, dual core, quad core, core i3, core i5, core i7 dan AMD dengan tipe sempron, athlon, sampai phenom.
3. Heatsink (Kipas)
Heatsink
adalah kipas pendingin processor dan komponen yang lain, karena suhu di
processor sangat panas sekali.
4. Harddisk
Harddisk
adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan
berisi piringan magnetis. Berfungsi sebagai penyimpan data untuk dapat
meningkatkan kinerja komputer.
5. Memory (RAM)
RAM
(Random Acces Memory) adalah Internal Memory, yang berfungsi untuk menyimpan
data.
6. Floppy Disk Drive (FDD)
FDD
adalah sebuah perangkat penyimpanan yang berfungsi untuk menghubungkan
perpindahan data, pembacaan data atau “ penulisan” data dari PC kedalam sebuah
Disket.
7. CD/DVD Drive
CD/DVD
ROM adalah sebuah perangkat penyimpanan yang berfungsi untuk menghubungkan data,
perpindahan data, pembacaan data atau “ penulisan” data
dari PC kedalam sebuah CD/Kaset
8. Kartu Grafis (VGA Card)
VGA
Card (Video Graphics Adapter) adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk
menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau
bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi.
9. Sound Card
Sound
Card adalah sebuah perangkat yang berbentuk lempengan PCB dan mampu mengolah
serta menghasilkan suara. Bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC
multimedia.
10. Power Supply
Power
Supply adalah sebuah perangkat komputer yang berfungsi untuk mengalirkan
listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan.
11. Casing
12. Keyboard & Mouse
13. Monitor
Langkah-langkah
Perakitan
Berikut
ini adalah langkah-langkah perakitan CPU.
1.
Letakkan motherboard pada tempat yang datar dan jangan lupa beri alas dengan
permukaan yang lembut agar motherboard tidak tergores atau putus jalur
komponennya.
2. Pasang processor pada motherboard. Pemasangan processor usahakan
diluar casing agar memudahkan anda dalam pemasangan processor tersebut.
Pemasangan processor disesuaikan dengan jenis processor dan motherboard
yang digunakan.
3. Setelah prosessor terpasang kemudian lakukan pemasangan kipas processor.
5. Siapkan casing untuk pemasangan semua komponen yang sudah di sediakan.
7. Setelah itu masukkan motherboard pada casing secara perlahan agar
motherboard tidak rusak. Pada saat pemasangan motherboard, perhatikan
konektor mouse, keyboard, serial, vga dan sound agar terpasang dengan
panel yang terdapat pada casing dengan benar.
8. Kemudian bautlah motherboard dengan dudukannya agar kuat dan tidak goyang.
9. Di contoh ini kita menggunakan motherboard yang sudah dilengkapi dengan VGA, Sound Card, dan LAN Card yang sudah menjadi satu dalam motherboard. Komponen yang sudah menjadi satu dengan motherboard disebut dengan komponen ON BOARD.
10. Setelah itu pasanglah CD ROM pada rak yang terdapat pada casing, dengan cara memasukkannya dari depan.
11. Kemudian bautlah CD ROM yang telah terpasang tadi dangan raknya agar tidak goncang. Kemudian pasangkan kabel power dan kabel data atau kabel ATA CD ROM pada motherboard.
12. Pasanglah harddisk pada rak yang terdapat pada casing dengan perlahan agar harddisk tidak terbentur. Karena komponen harddisk ini sangat rawan tehadap goncangan. Kemudian baut dengan kencang agar tidak goyang.
13. Setelah harddisk terpasang lalu pasang kabel data atau kabel ATA harddisk pada motherboard dan pada harddisk itu sendiri.
14. Pasang konektor power supply pada tempatnya yang
terdapat di motherboard. Jika pemasangan ini salah maka akan
mengakibatkan kerusakan yang fatal pada motherboard.
15. Kemudian tancapkan konektor power /
restart / hdd lad / power lad dan pad konektor lainnya yang terdapat di
motherboard seperti gambar
berikut.
16. Setelah semua komponen telah terpasang kemudian pasang penutup casing dengan benar.Selesai kemudian perakitan tersebut harus kita tes apakah berhasil atau tidak. Pasang kabel port VGA ke monitor kemudian power monitor dan CPU ke saklar listrik, selanjutnya hidupkan bila komputer dapat BOOTING maka perakitan berhasil. Bila tidak dapat BOOTING berarti perakitan belum sempurna, maka harus disempurnakan terlebih dahulu bila nanti ingin menginstal Sistem Operasi nya dengan cara cek kembali semua komponen yang telah terpasang apakah sudah benar atau tidak
Merkur Progress Gaming Merkur - XNX
BalasHapusMerkur Progress 샌즈카지노 Gaming 메리트 카지노 쿠폰 Merkur. Merkur Progress Gaming. choegocasino Merkur. Merkur. Progress Gaming. Merkur. Merkur. Merkur. Merkur. Merkur. Merkur.